Loading...







Syarat & Ketentuan


update : 02 Oktober 2020


Bacalah Ketentuan Layanan Multi berikut secara seksama sebelum Anda menggunakan Aplikasi dan Layanan Multi. Anda dipersilahkan untuk tidak menggunakan Aplikasi dan Layanan Multi jika tidak setuju untuk terikat dengan Ketentuan Layanan Multi.

Syarat-syarat ini mengikat dan mulai berlaku untuk Anda saat Anda mulai mengakses layanan apapun dari Multi. Layanan Multi dapat berubah dari waktu ke waktu berdasarkan kesan & saran dari pengguna. Syarat-syarat ini tidak dimaksudkan untuk menjawab setiap pertanyaan atau menunjukkan setiap masalah yang dapat timbul dari penggunaan layanan Multi. Multi berhak untuk mengubah Syarat & Ketentuan ini kapan saja, dan mulai berlaku pada saat Syarat & Ketentuan yang baru atau yang telah direvisi di lampirkan di Website Multi. Multi akan berusaha untuk mengumumkan perubahan-perubahannya kepada Anda melalui email atau pemberitahuan melalui Website. Karena cukup memungkinan bahwa Syarat & Ketentuan ini akan berubah dari waktu ke waktu, maka menjadi kewajiban Anda untuk memastikan bahwa Anda sudah membaca, mengerti, dan menyetujui Syarat & Ketentuan terbaru yang tersedia pada Website Multi. Dengan mendaftarkan diri untuk menggunakan layanan Multi, Anda menyatakan bahwa Anda sudah membaca dan mengerti Syarat & Ketentuan ini, dan dianggap memiliki wewenang untuk bertindak atas nama siapapun yang terdaftar untuk menggunakan layanan kami.
Syarat & Ketentuan Multi


A. Definisi

1.1. “Multi” adalah suatu bentuk platform toko online yang menawarkan aplikasi untuk menunjang kegiatan operasional online shop. Multi bukan marketplace.
1.2. “Anda” adalah pengguna platform Multi yang mengakses Situs Multi, baik yang terdaftar sebagai Pemilik Akun maupun yang tidak terdaftar sebagai Pemilik Akun.
1.3. “Aplikasi Multi” adalah aplikasi penunjang bagi pemilik online shop yang dapat diakses melalui browser.
1.4. “Situs Multi” adalah www.multi.co.id dan dioperasikan oleh PT. Multi Digital Indonesia yang terdaftar di Kemenkumham Republik Indonesia dengan No. Nomor Induk Berusaha : 0220001821156.
1.5. “Toko Online” adalah setiap toko online yang terdaftar di Multi dan menggunakan Layanan Multi.
1.6. “Pelanggan” adalah pelanggan dari setiap Toko Online.
1.7. “Layanan Multi” adalah penyediaan jasa oleh Multi berupa aplikasi, laman website bagi Toko Online, alamat Domain, dan layanan terkait lainnya untuk membantu dan mendukung Toko Online dalam penjualan barang dagangan kepada Pelanggan.
1.8. “Akun” adalah akun yang terdaftar di Multi untuk mengakses dan menggunakan Layanan Multi.
1.9. “Pemilik Akun” adalah setiap orang, pribadi maupun badan usaha yang terdaftar sebagai pemilik Akun di Multi.
1.10. “Akun Reguler” adalah fitur Akun yang tidak berbayar (gratis) untuk mengakses dan menggunakan Layanan Multi.
1.11. “Pemilik Akun Reguler” adalah orang pribadi maupun badan usaha yang terdaftar sebagai pemilik Akun Reguler.
1.12. “Domain” adalah lokasi dari situs web, yang sepenuhnya merupakan milik Multi. Pemilik Akun hanya mempunyai hak untuk menggunakan Domain selama ia terdaftar di Multi.
1.13. “Konten” meliputi foto, gambar, video, grafik, konten tertulis, file audio, kode, informasi, atau data yang diunggah, diunduh, dikumpulkan, dihasilkan, disimpan, ditampilkan, didistribusikan, dikirimkan atau dipamerkan pada atau sehubungan dengan Akun Anda.


B. Persayaratan akun, kata sandi dan keamanan

2.1. Anda menyatakan dan menjamin bahwa Anda adalah orang yang cakap menurut hukum dan memiliki kewenangan untuk mengikatkan diri dalam perjanjian dan melaksanakan hak dan kewajibannya berdasarkan perjanjian.

2.2. Untuk dapat mengakses dan menggunakan Layanan Multi, Anda harus mendaftar di Multi dengan membuat Akun.

2.3. Pembuatan Akun meliputi pemberian nama lengkap Anda, tanggal lahir, alamat domisili, nomor telepon, alamat email yang valid, gambar kartu identitas dan gambar swafoto beserta gambar kartu identitas. Multi dapat menolak aplikasi Anda untuk pembuatan Akun, atau membatalkan Akun yang ada, karena alasan apapun, atas kebijakan Multi sendiri.

2.4. Anda bertanggung jawab untuk menjaga keamanan kata sandi Akun Anda. Multi tidak dan tidak akan bertanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan apa pun dari kegagalan Anda menjaga keamanan Akun dan kata sandi Anda.

2.5. Multi tidak akan meminta kata sandi maupun kode apapun terkait Akun Anda untuk alasan apapun, oleh karena itu Multi menghimbau untuk tidak memberikan kata sandi atau kode apapun pada Akun Anda kepada pihak manapun, baik kepada pihak ketiga maupun kepada pihak yang mengatasnamakan Multi.

2.6. Anda menyatakan bahwa Anda bertanggung jawab atas Konten terkait Akun Anda dan semua aktivitas yang Anda lakukan sehubungan dengan penggunaan Layanan dan Konten.

2.7. Anda setuju bahwa Multi akan menggunakan alamat email dan nomor telepon yang Anda berikan sebagai metode utama untuk komunikasi.

2.8. Jika Multi mencurigai adanya aktivitas yang melanggar Ketentuan Layanan Multi, maka Multi berhak untuk memberi label “Akun Mencurigakan” pada Akun tersebut.

2.9. Dalam hal terdapat pelanggaran apapun terhadap Ketentuan Layanan Multi, sebagaimana ditentukan berdasarkan kebijaksanaan Multi, Multi berhak dengan segera menghentikan Layanan untuk Anda.

C. Ketentuan Umum

3.1. Anda wajib membaca, menyetujui, dan menerima semua Ketentuan Layanan yang terkandung dalam Ketentuan Layanan Multi ini dan Kebijakan Privasi sebelum Anda dapat menjadi pengguna Layanan Multi.

3.2. Perjanjian ini diatur oleh dan ditafsirkan sesuai dengan hukum negara Republik Indonesia.

3.3. Anda setuju bahwa tindakan hukum apapun atau sengketa yang mungkin timbul dari, berhubungan dengan, atau berada dalam cara apapun berhubungan dengan Ketentuan Layanan Multi, penggunaan Layanan dan perjanjian ini akan diselesaikan secara eksklusif dalam yurisdiksi pengadilan negara Republik Indonesia.

3.4. Anda mengakui dan menyetujui bahwa Multi dapat mengubah Ketentuan Layanan Multi setiap saat dengan menerbitkan Ketentuan Layanan Multi yang diubah dan dinyatakan ulang di Situs Multi, https://www.multi.co.id/terms dan perubahan tersebut berlaku sejak tanggal diterbitkan di Situs Multi. Anda menyetujui Ketentuan Layanan Multi beserta perubahannya dari waktu ke waktu. Jika Anda tidak menyetujui perubahan pada Ketentuan Layanan Multi, Anda dapat menghentikan Layanan.

3.5. Dengan tunduk pada ketentuan Bab D Ketentuan Layanan ini, Multi hanya memperbolehkan barang bergerak berwujud untuk diperdagangkan dengan menggunakan Layanan Multi. Anda tidak diperbolehkan untuk memperdagangkan jasa atau benda tetap seperti tanah atau bangunan properti.

3.6. Anda tidak boleh menggunakan Layanan Multi untuk tujuan ilegal, atau tidak sah atau Anda, dalam penggunaan Layanan, tidak boleh melanggar undang-undang dan hukum negara Republik Indonesia. Anda akan mematuhi semua hukum, aturan, dan peraturan yang berlaku dalam penggunaan atas Layanan.

3.7. Anda setuju untuk tidak meniru, menggandakan, menyalin, menjual, menjual kembali atau memanfaatkan bagian apa pun dari Layanan, penggunaan Layanan, atau akses ke Layanan tanpa izin tertulis dari Multi.

3.8. Anda mengakui dan menyetujui bahwa penggunaan atas Layanan, termasuk informasi yang dikirimkan ke atau disimpan oleh Multi, diatur dalam kebijakan privasi di https://multi.co.id/privacy.

3.9. Layanan memungkinkan Anda mengirim komunikasi tertentu kepada Pelanggan Anda melalui pesan layanan chat singkat (misalnya, mengirim pemberitahuan konfirmasi pesanan melalui chat). Anda hanya akan menggunakan Layanan chat sesuai dengan Ketentuan Layanan Multi.

3.10. Anda wajib menanggung pajak atau beban apa pun yang timbul sehubungan dengan penjualan barang Anda di Toko Online yang menggunakan Layanan Multi.

3.11. Jika suatu ketentuan, atau bagian dari ketentuan dalam Ketentuan Layanan Multi ini, untuk alasan apapun menjadi tidak sah, ilegal, atau tidak dapat dilaksanakan dalam segala hal, maka tidak sah-nya, ilegalitas, atau tidak dapat dilaksanakannya ketentuan tersebut tidak akan mempengaruhi ketentuan lain di Ketentuan Layanan Multi, dan Ketentuan Layanan Multi akan tetap ditafsirkan sebagaimana ketentuan yang tidak sah, ilegal, atau tidak dapat dilaksanakan tersebut tidak pernah ada dalam Ketentuan Layanan Multi.

D. Hal-Hal Atau Kegiatan Yang Dilarang

4.1. Berikut ini adalah hal-hal yang dilarang dan tidak boleh dilakukan sehubungan dengan akses platform Situs Multi maupun penggunaan Layanan Multi:

A. Eksploitasi Anak: Anda tidak boleh menawarkan dan/atau menjual barang dan/atau jasa, dan/atau memposting atau mengunggah Konten yang mengeksploitasi dan/atau melecehkan anak-anak, termasuk namun tidak terbatas pada gambar-gambar atau pencitraan pelecehan anak atau pelecehan seksual, atau yang mempertunjukan anak-anak secara seksual.

B. Pelecehan, penindasan, pencemaran nama baik dan ancaman: Anda tidak boleh menawarkan dan/atau menjual barang atau jasa, dan/atau memposting atau mengunggah Konten, yang melecehkan, menggertak, memfitnah, dan/atau mengancam individu tertentu.

C. Konten yang penuh kebencian: Anda tidak boleh menggunakan Layanan untuk mempromosikan dan/atau membiarkan kebencian atau kekerasan terhadap orang berdasarkan ras, etnis, warna kulit, asal kebangsaan, agama, usia, jenis kelamin, orientasi seksual, kecacatan, kondisi medis, status veteran, atau bentuk intoleransi diskriminatif lainnya. Anda tidak boleh menggunakan Layanan untuk mempromosikan atau mendukung organisasi, platform, atau orang yang: (i) mempromosikan dan/atau membiarkan kebencian semacam itu; dan/atau (ii) mengancam atau membiarkan kekerasan untuk tetap berlanjut.

D. Aktivitas ilegal: Anda tidak boleh menawarkan dan/atau menjual barang atau jasa, dan/atau memposting atau mengunggah Konten, yang bertentangan atau yang memfasilitasi atau mempromosikan kegiatan yang melanggar hukum negara Republik Indonesia maupun hukum yang berlaku di yurisdiksi tempat Anda beroperasi atau melakukan usaha.

E. Hak kekayaan intelektual: Anda tidak boleh menawarkan dan/atau menjual barang atau layanan, dan/atau memposting atau mengunggah Konten, yang melanggar hak cipta atau merek dagang orang lain atau hak kekayaan intelektual orang lain, termasuk mencuri, atau menyalin Konten milik pihak lain ke dalam Toko Online Anda.

F. Praktik berbahaya dan menipu: Anda tidak boleh menggunakan Layanan untuk mengirimkan malware dan/atau hosting halaman phising. Anda tidak boleh melakukan aktivitas atau mengunggah dan/atau mendistribusikan Konten yang membahayakan dan/atau mengganggu pengoperasian Layanan atau infrastruktur lain dari Multi atau lainnya, termasuk penyedia pihak ketiga Multi. Anda tidak boleh menggunakan Layanan untuk praktik komersial yang menipu dan/atau segala kegiatan yang dilarang oleh hukum.

G. Pribadi, kerahasiaan, dan informasi mengenai kesehatan yang dilindungi: Anda tidak boleh memposting dan/atau mengunggah Konten apapun yang berisi informasi yang dapat diidentifikasi secara pribadi, informasi pribadi yang sensitif, atau informasi rahasia, seperti nomor kartu kredit, nomor identitas rahasia, atau kata sandi kecuali Anda memiliki izin dari orang yang memiliki informasi tersebut atau yang memiliki wewenang untuk memberikan persetujuan tersebut. Anda tidak boleh menggunakan Layanan untuk mengumpulkan, menyimpan, atau memproses informasi kesehatan, atau melanggar segala peraturan privasi kesehatan yang berlaku atau undang-undang lain yang berlaku yang mengatur pemrosesan, penggunaan, atau pengungkapan informasi kesehatan yang dilindungi.

H. Anda tidak boleh melakukan penawaran dan/atau penjualan barang atau jasa yang penjualannya dilarang atau dibatasi, dan/atau diperlukan surat izin atau sertifikat kelayakan, keamanan dan kesehatan produk dalam penjualannya, termasuk namun tidak terbatas pada senjata tajam, senjata api, narkotika, alkohol dan obat-obatan atau zat-zat terlarang yang tidak terdaftar di BPOM/Kemenkes, tembakau, rokok dan/atau vape, penjualan makhluk hidup, produk ilegal organik, zat-zat berbahaya, cryptocurrency, kegiatan Top up Open loop dan pemberian layanan dompet digital tanpa lisensi resmi, kegiatan Lending dan/atau P2P lending, kegiatan investasi pasar uang dan pasar modal.

I. Anda dilarang menawarkan dan/atau menjual barang atau jasa dengan model bisnis “buyers club” yaitu dimana penjual akan menjual dengan harga yang lebih rendah dari harga normal, apabila pembeli membeli bersama-sama dalam suatu grup pembeli.

J. Mencelakakan diri sendiri: Anda tidak boleh menawarkan barang dan/atau menjual jasa, dan/atau memposting atau mengunggah Konten, yang mempromosikan mengenai mencelakakan diri sendiri.

K. Spam: Anda tidak boleh menggunakan Layanan untuk mengirimkan pesan elektronik komersial yang tidak diminta.

L. Organisasi teroris: Anda tidak boleh menawarkan barang atau jasa, atau memposting atau mengunggah Konten, yang menyiratkan atau mempromosikan dukungan atau pendanaan, atau keanggotaan dalam organisasi teroris.

4.2. Multi dapat setiap saat dan tanpa pemberitahuan, menghapus Konten, dan menghentikan atau mengakhiri Akun Anda atau akses Anda pada Layanan apabila Anda melakukan aktivitas yang dilarang di atas.


E. Hak Multi

5.1. Kami berhak untuk mengubah atau menghentikan Layanan karena alasan apapun, dengan memberikan pemberitahuan kepada Pemilik Akun, baik sebelum atau sesudah penghentian atau perubahan.

5.2. Kami berhak menolak memberikan Layanan kepada siapa pun dengan alasan dan/atau tanpa alasan apa pun kapan saja.

5.3. Kami mungkin, tetapi tidak memiliki kewajiban untuk, menghapus Konten dan menangguhkan atau menghentikan Akun jika kami memutuskan dengan kebijakan kami sendiri bahwa barang atau jasa yang ditawarkan, atau Konten yang diunggah atau dipostingkan ke Toko Online, melanggar Ketentuan Layanan Multi.

5.4. Penyalahgunaan dalam bentuk apapun secara verbal atau tertulis (termasuk ancaman penyalahgunaan atau ancaman permintaan ganti rugi) atas setiap pelanggan Multi, karyawan, anggota, atau petugas Multi akan mengakibatkan penghentian Akun segera.

5.5. Multi tidak melakukan pra-penyaringan Konten dan dalam hal ini, Multi memiliki kebijakan mutlak untuk menolak atau menghapus Konten apapun dari Layanan, termasuk Toko Online.

5.6. Kami berhak untuk memberikan Layanan kami kepada pesaing Anda dan kami tidak menjanjikan eksklusivitas di segmen pasar tertentu. Anda lebih lanjut mengakui dan menyetujui bahwa karyawan Multi mungkin juga adalah Pelanggan/pemilik Toko Online dan bahwa mereka dapat bersaing dengan Anda. Dalam hal ini mereka tetap tunduk pada Kebijakan Privasi Multi dalam perlindungan data pengguna Multi.

5.7. Jika terjadi perselisihan mengenai kepemilikan Akun, kami berhak meminta dokumentasi untuk menentukan atau mengkonfirmasi kepemilikan Akun. Dokumentasi dapat mencakup, tetapi tidak terbatas pada, salinan pindaian dari izin usaha Anda, tanda pengenal berfoto yang dikeluarkan pemerintah, empat digit terakhir dari kartu kredit yang tercatat, status anda sebagai karyawan di suatu badan usaha, dan sebagainya.

5.8. Multi memiliki hak untuk menentukan, dalam penilaian kami sendiri, kepemilikan Akun yang sah, dan mentransfer Akun kepada pemilik yang sah. Jika kami tidak dapat secara wajar menentukan pemilik Akun yang sah, tanpa mengesampingkan hak dan upaya hukum, Multi berhak untuk menonaktifkan sementara Akun hingga keputusan telah ditentukan antara pihak yang berselisih.

5.9. Multi memiliki hak untuk menolak, membatalkan, menghentikan, menangguhkan, mengunci, atau memodifikasi akses ke (atau kontrol) Akun atau Layanan apapun (termasuk hak untuk membatalkan atau mentransfer pendaftaran nama domain) karena alasan apapun (sebagaimana ditentukan oleh Multi dalam kebijakannya sendiri dan mutlak), termasuk namun tidak terbatas pada hal-hal berikut: (i). untuk memperbaiki kesalahan yang dibuat oleh Multi dalam menawarkan atau memberikan Layanan apa pun (termasuk pendaftaran nama domain), (ii) untuk melindungi integritas dan stabilitas, dan memperbaiki kesalahan yang dilakukan oleh, registrasi nama domain atau registrar, (iii) untuk membantu upaya deteksi dan pencegahan penipuan dan penyalahgunaan kami, (iv) untuk mematuhi perintah pengadilan terhadap Anda dan/atau nama domain atau situs web Anda dan lokal yang berlaku, undang-undang dan peraturan, nasional dan internasional, (v) untuk mematuhi permintaan penegakan hukum, termasuk permintaan panggilan pengadilan, (vi) untuk mematuhi setiap proses penyelesaian sengketa, (vii) untuk membela setiap tindakan hukum atau ancaman tindakan hukum tanpa pertimbangan apakah tindakan hukum tersebut atau tindakan hukum yang terancam akhirnya ditentukan untuk bersama atau tidak berdasar, (viii) untuk menghindari tanggung jawab perdata atau pidana dari pihak Multi, para pejabat, direktur, karyawan dan agennya, serta Afiliasi Multi, termasuk, namun tidak terbatas pada, contoh di mana Anda telah menggugat atau mengancam akan menuntut Multi, atau (ix) untuk menanggapi jumlah keluhan yang berlebihan terkait dengan cara apapun ke Akun Anda, nama domain, atau konten di situs web Anda yang dapat mengakibatkan kerusakan pada bisnis, operasi, reputasi, atau pemegang saham Multi.

F. Batasan Tanggung Jawab

6.1. Multi selalu berupaya untuk menyediakan Layanan dengan baik dan menjaga Layanan Multi aman, nyaman, dan berfungsi dengan baik, tetapi kami tidak dapat menjamin operasi terus-menerus atau akses ke Layanan kami dapat selalu diberikan dengan sempurna. Informasi dan data dalam Situs Multi memiliki kemungkinan tidak terjadi secara real time.

6.2. Anda setuju bahwa Anda memanfaatkan Layanan Multi dengan menanggung resikonya. Layanan Multi diberikan kepada Anda “SEBAGAIMANA ADANYA” dan “SEBAGAIMANA TERSEDIA”, tanpa jaminan atau ketentuan apapun, tersurat, tersirat atau resmi.

6.3. Anda secara tegas memahami dan setuju bahwa, sejauh diperbolehkan oleh hukum yang berlaku, Multi tidak akan bertanggung jawab atas kerusakan langsung, tidak langsung, insidental, khusus, konsekuensial atau kerusakan awal, termasuk namun tidak terbatas pada, kerusakan berupa kehilangan keuntungan, goodwill, penggunaan, data atau kerugian tidak berwujud lainnya yang dihasilkan dari penggunaan atau ketidakmampuan Anda dalam menggunakan Layanan.

6.4. Sejauh yang diperbolehkan oleh hukum yang berlaku, Multi dalam hal apapun tidak akan bertanggung jawab atas hilangnya keuntungan atau kerugian khusus, insidental atau konsekuensial yang timbul sehubungan dengan Situs Multi, Layanan Multi, atau Ketentuan Layanan Multi (dengan cara bagaimana pun hal-hal tersebut terjadi, termasuk karena kelalaian). Anda setuju untuk mengganti rugi dan menjaga kami dan induk perusahaan, anak perusahaan, afiliasi, rekanan Multi, pegawai, direktur, agen, dan karyawan (sebagaimana berlaku) dari kerugian atas klaim atau permintaan, termasuk biaya penasihat hukum, yang dibuat oleh pihak ketiga yang disebabkan karena Anda melanggar Ketentuan Layanan Multi atau melanggar hukum yang berlaku atau hak-hak pihak ketiga.

6.5. Multi tidak menjamin bahwa Layanan tidak akan terganggu, akan selalu tepat waktu, aman, atau bebas dari kesalahan.

6.6. Multi tidak menjamin bahwa hasil yang dapat diperoleh dari penggunaan Layanan akan akurat atau dapat diandalkan.

6.7. Multi tidak menjamin bahwa kualitas produk, layanan, informasi, atau material lainnya yang dibeli atau diperoleh oleh Anda melalui Layanan akan memenuhi harapan Anda, atau bahwa kesalahan apa pun dalam Layanan akan diperbaiki.

6.8. Multi tidak bertanggung jawab apabila Anda melanggar hukum, melanggar Ketentuan Layanan Multi atau melanggar hak pihak ketiga mana pun, terutama apabila Anda dituntut.

6.9. Sejauh yang diperbolehkan oleh hukum yang berlaku, Multi tidak bertanggung jawab terhadap Pelanggan atau pihak ketiga mana pun yang dirugikan oleh Toko Online, baik terkait penjualan barang-barang ilegal oleh Toko Online, cacat atau kerusakan produk yang dijual oleh Toko Online, kesalahan Toko Online dalam menggunakan Layanan, maupun penipuan yang dilakukan oleh Toko Online terhadap Pelanggan atau pihak ketiga atau sebaliknya.

6.10. Multi tidak bertanggung jawab mengenai hal-hal berikut:

A. Barang yang dibeli ternyata cacat, rusak atau tidak sesuai dengan deskripsi yang dicantumkan di Toko Online;

B. Pelanggan tidak membayar kepada Toko Online atas barang yang dibeli;

C. Pelanggan meminta pengembalian uang karena barang yang dibeli cacat, rusak atau tidak sesuai dengan deskripsi produk di website Toko Online. Hal ini adalah tanggung jawab Toko Online sepenuhnya untuk menyelesaikan pengembalian uang dan barang dengan Pelanggan;

D. Pelanggan tidak menerima barang yang dipesan di Toko Online yang disebabkan kendala atau kesalahan Pihak Ketiga Penyedia Layanan;

E. Kebijakan pengembalian atau penukaran barang antara Toko Online dan Pelanggan.

6.11. Multi tidak akan bertanggung jawab maupun ikut dalam penyelesaian sengketa baik di dalam maupun di luar forum peradilan manapun antara Pelanggan dan Toko Online.

6.12. Multi selalu memberikan upaya terbaik terkait keamanan penggunaan Situs Multi, penyaringan Akun-Akun serta peninjauan dan pengawasan Konten, namun hal ini tidak mengesampingkan kewajiban Anda untuk menerapkan prinsip kehati-hatian Anda dalam berinteraksi dan bertransaksi di Toko Online yang menggunakan Layanan Multi.

6.13. Multi tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang timbul dari penggunaan Layanan Pihak Ketiga (sebagaimana didefinisikan di dalam Pasal 7.1), yang dihasilkan dari kesalahan Anda atau ketidakmampuan Anda untuk menggunakan Layanan Pihak Ketiga. Anda memahami dan menerima bahwa Anda menanggung segala resiko terkait penggunaan Layanan Pihak Ketiga.

G. Kerja sama dengan pihak ketiga penyedia Layanan

7.1. Untuk mendukung dan melengkapi Layanan Multi, Multi dapat bekerja sama dengan pihak ketiga (“Pihak Ketiga Penyedia Layanan”) yang menyediakan layanan yang diperlukan (“Layanan Pihak Ketiga”), termasuk namun tidak terbatas pada, layanan sistem pembayaran, dan layanan sistem pengiriman untuk transaksi antara Toko Online dan Pelanggan.

7.2. Dengan menggunakan Aplikasi Multi, Anda menyatakan setuju untuk menggunakan Layanan Pihak Ketiga, Anda menyatakan memberikan persetujuan kepada Multi untuk memberikan data Anda kepada Pihak Ketiga Penyedia Layanan tersebut, dengan memperhatikan Kebijakan Privasi Multi.

7.3. Anda memahami dan menerima bahwa penggunaan Layanan Pihak Ketiga oleh Anda menimbulkan hubungan hukum antara Anda dan Pihak Ketiga Penyedia Layanan. Anda setuju untuk terikat pada syarat dan ketentuan dari Pihak Ketiga Penyedia Layanan.

7.4. Multi selalu mengupayakan kerja sama terbaik dengan Pihak Ketiga Penyedia Layanan untuk menyediakan Layanan terbaik, namun Multi tidak menjamin Layanan Pihak Ketiga akan selalu dapat digunakan dan diakses. Dalam hal terdapat kendala sehubungan dengan penggunaan Layanan Pihak Ketiga, Anda dapat menghubungi Multi di : admin@multi.co.id atau melalui nomor +62 812-2141-4545 dan kami akan segera melayani keluhan Anda dalam waktu 1 (satu) hari kerja sejak diterimanya laporan.

H. Kekayaan Intelektual dan Konten Pelanggan

8.1. Kami tidak mengklaim hak kekayaan intelektual apa pun atas Konten yang Anda berikan kepada Layanan Multi. Semua Konten yang Anda unggah akan menjadi milik Anda. Anda dapat menghapus Toko Online Anda kapanpun dengan menghapus Akun Anda.

8.2. Dengan mengunggah Konten, Anda setuju: (a) untuk mengizinkan pengguna internet lain yang melihat Konten yang Anda posting secara publik ke Toko Online Anda; (b) untuk mengizinkan Multi untuk menyimpan, dan dalam hal Konten yang Anda posting secara publik, mempertunjukan dan menggunakan Konten Anda; dan (c) bahwa Multi dapat, kapan saja, meninjau dan menghapus semua Konten yang dikirimkan ke Layanannya, meskipun Multi tidak berkewajiban untuk melakukannya.

8.3. Anda memiliki kepemilikan atas semua Konten yang Anda unggah ke Toko Online Anda; namun, dengan menjadikan Toko Online Anda terbuka untuk publik, Anda setuju untuk mengizinkan orang lain melihat Konten yang Anda postingkan secara publik ke Toko Online Anda. Anda bertanggung jawab atas kepatuhan terhadap hukum dan peraturan yang berlaku terkait dengan Konten yang Anda posting di Toko Online Anda.

8.4. Multi memiliki hak dan lisensi non-eksklusif untuk menggunakan nama, merek dagang, merek layanan dan logo yang terkait dengan Toko Online Anda untuk mempromosikan Layanan.

8.5. Segala sesuatu yang Anda unggah ke Toko Online, adalah milik Anda dan tanggung jawab Anda.

I. Layanan Sistem Pembayaran

9.1. Layanan Sistem Pembayaran merupakan fitur standar otomatis yang tersedia di Aplikasi Multi (“Layanan Pembayaran Multi”). Dengan fitur Layanan Pembayaran Multi, Toko Online dapat menyediakan pilihan berbagai cara pembayaran bagi Pelanggan yaitu melalui: transfer e-banking atau mobile banking; OVO; GO-PAY; Link Aja; dan Bayar di Tempat (Cash On Delivery/ “COD”).

9.2. Cara kerja Layanan Pembayaran Multi adalah sebagai berikut:

• Pelanggan melakukan pembayaran dengan salah satu cara pembayaran yang disebut dalam Pasal 9.1. Uang pembayaran akan diterima ke dalam suatu rekening yang didaftarkan oleh Pemilik Akun Toko Online (kecuali untuk pembayaran dengan cara COD).
• Dalam waktu maksimal 1x24 Jam setelah uang pembayaran masuk ke Rekening yang didaftarkan Pemilik Akun Akun Toko Online, uang pembayaran akan diverifikasi oleh Pemilik Akun Toko Online melalui gambar bukti transfer dana yang diunggah oleh Pelanggan atau catatan mutasi bank milik pemilik Akun Toko Online untuk kemudian dikonfirmasi pembayarannya melalui aplikasi multi.

9.3. Khusus untuk COD, cara kerja pembayarannya adalah sebagai berikut:

• Pelanggan memilih cara pembayaran dengan COD dan memilih salah satu Jasa Pengiriman (sebagaimana disebut dalam Pasal 10.2) yang terdapat di situs Toko Online yang terhubung dengan Layanan Multi (sebagaimana dijelaskan dalam Pasal 10.1). Kemudian secara otomatis, Multi akan bekerja sama dengan Jasa Pengiriman yang ditunjuk dan mengatur kegiatan pengiriman.
• Pelanggan akan membayar secara tunai (cash) kepada Jasa Pengiriman pada saat serah terima barang antara Jasa Pengiriman dan Pelanggan.
• Pelanggan akan membayar sebagai berikut: Harga Barang + Biaya Pengiriman (lihat Pasal 10.3).
• Setelah Jasa Pengiriman menerima uang pembayaran, jasa pengiriman akan memproses uang pembayaran tersebut berupa harga barang dikurangi Biaya Administrasi sesuai dengan ketentuan yang dimiliki oleh jasa pengiriman melalui metode transfer bank atau metode transfer keuangan lainnya sesuai dengan kebijakan pihak ketiga layanan jasa pengiriman.
• Toko Online akan menerima uang pembayaran tersebut pada hari kerja kedua setelah selesainya pengiriman.
• Pemilik Akun Toko Online dapat menarik uang pembayaran di rekening bank yang Pemilik Akun telah daftarkan di Multi.

9.4. Jika COD mengalami kegagalan yang disebabkan karena:

• Pelanggan menolak untuk menerima barang dan membayar kepada Jasa Pengiriman; atau
• Pelanggan tidak ada di tempat pada saat barang sampai di tempat Pelanggan dan Jasa Pengiriman telah mencoba kembali pengantaran sebanyak 3 (tiga) kali;

maka Toko Online akan menanggung Biaya Administrasi Pelanggan, Biaya Pengiriman dan Biaya Pengembalian.

J. Layanan Sistem Pengiriman

10.1. Layanan Sistem Pengiriman merupakan fitur standar otomatis yang disediakan oleh aplikasi Multi untuk semua jenis Akun. Dengan fitur Layanan Sistem Pengiriman Multi, Toko Online dapat menyediakan bagi Pelanggannya pilihan berbagai penyedia jasa pengiriman barang.

10.2. Dalam menyediakan Layanan Jasa Pengiriman Multi, Multi bekerja sama dengan Penyedia Layanan Pihak Ketiga (sebagaimana didefinisikan di Pasal 7.1 Ketentuan Layanan Multi) yang merupakan perusahaan jasa pengiriman terpercaya, yaitu:
• JNE (masing-masing disebut “Jasa Pengiriman”)

10.3. Untuk setiap kegiatan pengiriman oleh Jasa Pengiriman, Pelanggan akan dikenakan biaya jasa pengiriman (“Biaya Pengiriman”) yang secara otomatis menambah jumlah yang harus dibayar Pelanggan.

K. Pembatalan dan Pengakhiran

11.1. Anda dapat membatalkan Akun Anda atau mengakhiri perjanjian Ketentuan Layanan ini (“Pengakhiran Layanan”) kapanpun dengan mengirimkan email kepada kami di [admin@multi.co.id] dan mengikuti instruksi yang diberikan di email balasan dari kami.

11.2. Segera setelah Pengakhiran Layanan, baik oleh pihak Multi maupun oleh Anda:

A. Multi akan menghentikan penyediaan Layanan bagi Anda dan Anda tidak akan dapat lagi mengakses Akun Anda;
B. Kecuali secara tegas dinyatakan lain dalam Ketentuan Layanan, Anda tidak akan berhak atas pengembalian Biaya, baik secara pro-rata maupun cara lainnya;
C. Semua jumlah yang masih harus dibayar kepada Multi terkait penggunaan Layanan, pada saat efektif Pengakhiran Layanan akan segera jatuh tempo dan harus dibayar; dan
D. Toko Online Anda akan dijadikan offline.

11.3. Apabila Anda membeli nama Domain melalui Multi, setelah Pengakhiran Layanan, nama Domain Anda tidak akan diperpanjang secara otomatis lagi. Setelah pembatalan, Domain dapat dilelang atau dibeli oleh pihak lain.

11.4. Apabila pada saat Pengakhiran Layanan, masih ada Biaya terutang oleh Anda, Anda akan menerima tagihan akhir melalui email. Ketika tagihan tersebut dibayar penuh, Anda tidak akan ditagih lagi.

11.5. Kami berhak memodifikasi atau menghentikan Layanan Multi, Ketentuan Layanan dan/atau Akun Anda untuk alasan apapun, dengan pemberitahuan tertulis kemudian. Pengakhiran Ketentuan Layanan tidak mengesampingkan hak atau kewajiban yang timbul sebelum tanggal pengakhiran.

11.6. Tanpa membatasi upaya lain yang dapat dilakukan, Multi dapat menghentikan sementara atau mengakhiri Akun Anda apabila kami mencurigai Anda (dengan keyakinan, penyelesaian, asuransi atau penyelidikan sementara, atau lainnya) terlibat dalam kegiatan penipuan sehubungan dengan penggunaan Layanan.

11.7. Segera setelah Pengakhiran Layanan, baik oleh pihak Multi maupun oleh Anda, Multi tidak memiliki kewajiban maupun tanggung jawab apapun terhadap Anda berdasarkan Perjanjian/Ketentuan Layanan ini.

11.8. Ketentuan-ketentuan berikut ini akan tetap ada bahkan setelah Pengakhiran Layanan atau perjanjian ini:

A. Bab B. Persyaratan Akun, Kata Sandi, dan Keamanan pasal 2.1, 2.6;
B. Bab C. Ketentuan Umum pasal 3.2, 3.3 sampai 3.8;
C. Bab D. Hal-hal atau kegiatan-kegiatan yang dilarang; dan
D. Bab F. Batasan Tanggung Jawab, pasal 6.4.

L. Ketentuan Lainnya

12.1. Multi secara tegas berkomitmen untuk melindungi privasi informasi pribadi Anda dan informasi pribadi Pelanggan Anda. Dengan menggunakan Layanan, Anda mengakui dan menyetujui bahwa pengumpulan, penggunaan, dan pengungkapan informasi oleh Multi dari informasi pribadi ini diatur oleh Kebijakan Privasi kami.

12.2. Ketentuan Layanan mungkin diubah dan/atau diperbaharui dari waktu ke waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Multi menyarankan agar anda membaca secara seksama dan memeriksa halaman Ketentuan Layanan ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan apapun. Dengan tetap mengakses dan menggunakan Layanan Multi, maka pengguna dianggap menyetujui perubahan-perubahan dalam Ketentuan Layanan.